Prospek Kerja Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)


Bagi Anda yang suka berkreasi dan berkecimpung di dunia kreatif, jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) bisa menjadi pilihan jurusan di perguruan tinggi. Pada jurusan Desain Komunikasi Visual, Anda dapat mempelajari tentang metode kreatif untuk membuat karya visual.


Awal mulanya jurusan Desain Komunikasi Visual dikenal dengan Desain Grafis dan mempelajari grafik 2D (gambar) pada media cetak. Kemudian DKV memiliki cakupan yang lebih luas dalam perkembangannya. Saat ini pesan visual tidak hanya berupa grafik 2D pada media cetak, tetapi juga dalam grafik 3D dan grafik bergerak pada media elektronik dan berbagai jenis media baru yang bermunculan seperti media web interaktif. Berikut penjelasan selengkapnya dari jurusan Desain Komunikasi Visual.

Apa itu Desain Komunikasi Visual?

Di jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) Anda mempelajari pengetahuan menyampaikan pesan (komunikasi) menggunakan elemen visual atau visual.


Anda belajar mengolah pesan dengan cara yang informatif, komunikatif dan efektif serta kreatif, sehingga pesan tersebut dapat mencapai tujuannya dengan memperhatikan elemen bentuk, warna, tekstur, ruang, huruf dan segala sesuatu yang berhubungan dengan visual (visi).


Anda juga akan banyak berlatih membuat karya desain dalam berbagai media seperti poster, logo, ilustrasi, desain web, foto, video, animasi dan lain sebagainya. Jurusan Desain Komunikasi Visual kini juga memiliki berbagai peminatan di berbagai perguruan tinggi, seperti grafis, multimedia, dan periklanan.

Prospek Kerja Desain Komunikasi Visual

Lulusan Desain Komunikasi Visual memiliki kesempatan kerja yang cukup luas terutama di bidang industri kreatif. Anda dapat bekerja di biro iklan, konsultan merek, penerbit, pengembang situs web, hubungan masyarakat di berbagai perusahaan dan lembaga pemerintah, desainer produk komersial dan industri, kurator seni, sutradara, editor film dan video, animator dan seniman video, dan banyak lagi.


Anda juga bisa bekerja sebagai desainer lepas yang bisa memasarkan karya Anda di mana saja. Desainer Komunikasi Visual saat ini masih lebih dikenal sebagai desainer grafis sebagai sebuah profesi. Sebagai seorang desainer grafis di bawah sebuah perusahaan, Anda harus dapat memenuhi persyaratan perusahaan.

Kampus Jurusan Desain Komunikasi Visual

Ada beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta yang menawarkan pilihan jurusan Desain Komunikasi Visual. Kampus yang bisa dipilih adalah Telkom University, BINUS University, Kalbis Institute of Technology and Business, Sahid Jakarta University, Brawijaya University, University of Indonesia, Bandung Institute of Technology, Tarumanegara University and Paramadina University.


Kampus lain yang bisa dipilih antara lain Universitas Trisakti, Universitas Multimedia Nusantara, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Sebelas Maret, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Makassar, Universitas Pelita Harapan, Institut Kesenian Jakarta, dan lain-lain.

Lebih baru Lebih lama