Mengenal Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII) dengan Lengkap

Tentang Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII)

ADPII adalah wadah profesi desain produk industri sejak tahun 1976 dan resmi dideklarasikan sebagai asosiasi hukum pada tahun 2014. ADPII memiliki kesamaan tujuan yaitu mencapai kemerdekaan nasional melalui desain produk Indonesia. Visi ADPII adalah menjadi tuan rumah di negerinya sendiri, menuju desain produk industri Indonesia di seluruh dunia.

ADPII adalah rumah bagi para desainer profesional produk industri dari berbagai bidang mulai dari skala kecil hingga menengah, seperti kerajinan tangan, furnitur, perhiasan, tas dan sepatu, hingga industri manufaktur seperti industri transportasi, otomotif, dan peralatan militer. Dari pembuatan produk untuk retail hingga desain layanan konsultasi.


ADPII memperjuangkan pembentukan profesi Desain Produk di Indonesia. ADPII mempertemukan dan mewadahi anggotanya untuk bekerja dan aktif dalam pengembangan dan kemajuan profesinya, menjadi mitra dan perwakilan pemerintah untuk memberikan rekomendasi kebijakan dan memastikan nilai profesional desain produk.


Tujuan Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII)

  1. Mendorong dan mengembangkan profesi intelektual perancang produk industri untuk mendukung pembangunan nasional;
  2. Mejadi organisasi yang mendapatkan pengakuan secara profesional di forum internasional;
  3. Meningkatkan kepedulian dan tanggapan profesional terhadap permasalahan bangsa dan negara dengan mengoptimalkan keterampilan profesional secara terintegrasi;
  4. Menjadi mitra dalam dunia pendidikan dalam kaitannya dengan pengembangan profesionalitas desainer produk industri;
  5. Menjadi mitra pemerintah dan dunia industri dan perdagangan;
  6. Berkontribusi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Program Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII)

  1. Keanggotaan
    • Mendorong, memperkuat dan menumbuhkan rasa persatuan seluruh anggota dalam memperjuangkan nilai-nilai profesional melalui penguatan organisasi dan komunikasi dalam aliansi;
    • Di bawah naungan ADPII, mengadakan pertemuan informal dan formal untuk memperkuat jaringan dengan para ahli dan antar pemangku kepentingan.
    • Mengadakan kongres dan rapat kerja untuk mengembangkan kode etik profesi bagi anggotanya, serta membentuk Dewan Kehormatan dan Kode Etik.
  2. Pendidikan, profesionalisme dan pengalaman
    • Meningkatkan profesionalisme melalui program pendidikan profesional yang berkaitan dengan kualifikasi dan kompetensi keahlian;
    • Menyusun standar kompetensi profesional untuk anggota sebagai pengakuan atas pencapaian mereka melalui sistem evaluasi dan penilaian, baik umum maupun khusus, serta mengupayakan standar yang diakui oleh pemerintah dan industri;
    • Bermitra dengan pendidikan untuk meningkatkan kualitas, pengetahuan dan kapasitas, serta jaringan anggota yang berafiliasi dengan perguruan tinggi.
  3. Hubungan dan asosiasi komunitas
    • Bermitra dengan pemerintah, bisnis, industri dan masyarakat luas melalui asosiasi koperasi;
    • Memberikan informasi tentang profesi dan perannya dalam meningkatkan kualitas hidup, daya saing bisnis dan perekonomian;
    • Berkomunikasi secara aktif dengan asosiasi, komunitas internasional, dan organisasi lain yang dapat meningkatkan profesionalisme. 
  4. Promosi
    • Mempromosikan pentingnya desain produk, pencapaian, dan potensi sumber daya profesional, serta perannya dalam pertumbuhan ekonomi.
  5. Tanggung jawab sosial
    • Melaksanakan program pemberdayaan masyarakat dengan menunjuk dan menempatkan anggota untuk membantu dalam perancangan produk sesuai kebutuhan.
  6. Research and development
    • Menerbitkan Jurnal Desain Indonesia untuk diterbitkan hasil penelitian, eksperimen dan pengalaman profesional melalui artikel ilmiah akademis dan artikel populer.
  7. Peraturan perundang-undangan
    • ADPII bekerja sama dengan Kementerian melalui Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual untuk meningkatkan pemahaman tentang pentingnya penghargaan kekayaan intelektual, khususnya hak cipta dan hak desain industri.


ADPII senantiasa memberikan informasi kepada pemerintah mengenai berbagai kebijakan dan regulasi di bidang desain produk industri melalui organisasi terkait, diantaranya:
  1. Kementerian Perindustrian dalam meningkatkan daya saing industri, baik industri kecil, menengah, maupun besar, melalui penelitian dan pengembangan desain produk padat;
  2. Kementerian Perdagangan meningkatkan daya saing melalui pengembangan desain produk berorientasi pasar;
  3. Serta bersama Bekraf untuk mendorong dan memajukan peran desain produk dalam pertumbuhan ekonomi kreatif di masyarakat.

Lebih baru Lebih lama