Mergenal Asosiasi Desain Grafis Indonesia (ADGI) dengan Lengkap

advertise here

Asosiasi Desain Grafis Indonesia (ADGI)

Asosiasi Desain Grafis Indonesia (ADGI)

Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) adalah organisasi non profit yang menaungi desainer grafis profesional di seluruh Indonesia. Keanggotaan ADGI terbuka untuk semua orang, termasuk mahasiswa desain, sarjana, dan komponen pendukung lainnya di industri desain grafis.

Apa itu Asosiasi Desain Grafis Indonesia (ADGI)?


Desain grafis pada awalnya dibawa ke Indonesia melalui bidang periklanan karena aplikasi desain grafis banyak digunakan dalam periklanan. Sejak tahun 1973, seiring dengan meningkatnya kebutuhan komunikasi visual, ITB dan ASRI (ISI Yogyakarta) memisahkannya menjadi sebuah ilmu yang mandiri, desain grafis yang saat ini menggunakan istilah desain komunikasi visual (DKV).

Pada bulan Juni 1980 diadakan pameran desain grafis pertama kali di Indonesia yang kemudian membangkitkan kesadaran untuk bergabung, maka pada bulan September 1980 dibentuklah IPGI (Ikatan Perancang Grafis Indonesia). Seiring dengan perkembangan kebutuhan dan peran desain grafis, pada tahun 1994.

IPGI mengadakan kongres nasional pertamanya yang menghasilkan kesepakatan mengubah namanya menjadi ADGI (Asosiasi Desainer Grafis Indonesia) sebagai salah satu usaha untuk lebih nyata dalam memajukan profesi desainer grafis.

Tujuan Asosiasi Desain Grafis Indonesia (ADGI)


Asosiasi Desain Grafis Indonesia (ADGI) didirikan untuk tujuan melindungi, melayani, dan memajukan karir anggotanya dalam bentuk asosiasi desainer grafis yang punya kredibilitas.

  1. Perlindungan: Mendukung desainer grafis yang sedang berjalan ADGI profesional dan berkomitmen untuk melindungi semua hak dan kewajiban anggotanya dalam menjalankan profesinya.
  2. Melayani: Dengan mempromosikan potensi talenta profesional di bidang desain grafis melalui salah satu program unit bisnis "Adgi Hub" yang bertujuan menjadi penghubung antara anggota ADGI dengan instansi pemerintah. Dengan cara ini, ADGI dapat menyediakan jaringan industri yang berguna bagi anggotanya. Mekanisme ini merupakan hubungan langsung antara anggota ADGI dengan jaringan ADGI lainnya.
  3. Promosi: Desainer grafis Indonesia dengan menjadi wadah komunikasi dan sosialisasi antara desainer grafis profesional, asosiasi atau organisasi profesi lainnya di tingkat nasional, regional maupun internasional, termasuk institusi dan institusi lain. Meningkatkan rasa persatuan. Selain itu sebagai wadah pembinaan dan advokasi dalam pengembangan profesionalitas anggota.

Fungsi Asosiasi Desain Grafis Indonesia (ADGI):

  • Mendatangkan desainer grafis Indonesia ke forum untuk memajukan profesinya.
  • Melayani, memahami, dan bekerja dengan desainer grafis.
  • Sebuah platform bagi para profesional desain grafis untuk mempelajari tentang tren, penelitian, dan bisnis.
  • Memperkuat hubungan antara anggota dan industri kreatif yang lebih luas.
  • Mensosialisasikam ilmu tentang industri terkini demi memajukan karir dan kualitas industri desain grafis.
  • Meningkatkan standar kemampuan keterampilan desain grafis anggota.
  • Meningkatkan daya tawar dengan memberikan perlindungan bagi anggota dalam menangani masalah industri seperti perlindungan kekayaan intelektual, penghapusan free pitch, kode etik, perolehan sertifikasi profesional, peningkatan kualitas penghargaan bisnis keuangan Aku akan.
  • Memberdayakan cabang ADGI di seluruh Indonesia dengan mendorong pembuatan dan implementasi program hilir, dan
  • Menciptakan industri desain grafis Indonesia yang sehat dan membangun identitas visual Indonesia yang kuat di dalam dan luar negeri.

Program Asosiasi Desain Grafis Indonesia (ADGI):

  1. ADGI Hub, ini adalah program hebat yang menghubungkan desainer grafis. Ahli di perusahaan swasta maupun pemerintah. Beberapa proyek hub ADGI termasuk logo dan identitas visual independen ke-71, 72 dan 73 di Indonesia. Logo Bekraf dan identitas visual, 35 desain paket tampilan geografis Indonesia bekerja sama dengan Bekraf, identitas visual Indonesia pada Pameran Buku Frankfurt 2015 bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan beberapa untuk perusahaan multinasional Proyek.
  2.  ADGI Classroom, berperan sebagai pusat referensi bagi para profesional desain grafis bagi anggota, pelajar, dan masyarakat. ADGI adalah pintu gerbang bagi calon desainer grafis untuk mempelajari industri sebagai orang yang terlibat langsung dalam industri.
  3. ADGI Talks, sebuah program edukasi publik bulanan seperti talk show, seminar dan workshop tersebar di setiap cabang ADGI.

Demikian penjelasan tentang apa itu Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI). Hampir sama dengan ADGI, maka dari itu Mandar Desain tentunya hadir sebagai solusi atas kebutuhan anda mengenai desain grafis.