Rekomendasi Universitas Desain Grafis Terbaik di Indonesia, Lulusannya Keren

Apakah kamu sudah lulus sekolah? Apakah Anda ingin melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi? Tapi bingung harus memilih spesialisasi yang mana? Tenang, ada banyak pilihan spesialisasi prospektif yang bisa Anda pilih. Salah satunya adalah Desain Komunikasi Visual (DKV).

Jika dilihat dari perspektif karir dan pekerjaan yang sangat luas, maka tidak ada salahnya memilih jurusan Desain Komunikasi Visual. Anda perlu memahami pengetahuan pekerjaan dan karir ketika Anda lulus dari perguruan tinggi sehingga Anda lebih bersemangat untuk belajar di kampus. Hei, ngomong-ngomong soal perguruan tinggi, perguruan tinggi mana yang memiliki jurusan DKV terbaik dan terbaik? Nah, kamu bisa memilih jurusan Desain Komunikasi Visual di beberapa universitas favoritmu, baik negeri maupun swasta.

Sebelum memutuskan untuk kuliah di universitas favorit, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah aspek finansial. Anda harus siap dengan biaya kuliah yang umumnya terdiri dari biaya konstruksi, biaya kuliah per semester, dan biaya kuliah per kredit. Ditambah lagi pasti akan ada biaya untuk tugas kuliah, hingga biaya hidup jika harus merantau ke luar kota.

Beberapa tips memilih perangkat untuk desain grafis juga harus Anda perhatikan agar kegiatan kuliah Anda berjalan lancar dan Anda bisa mengerjakan tugas kuliah dengan baik. Tentunya laptop Anda harus sudah terinstal berbagai program grafis, seperti Corel Draw, Adobe Illustrator, dan lain-lain.

Dari sudut pandang psikologis, Anda harus siap untuk fokus pada mata pelajaran yang diajarkan, jadwal kelas yang padat, dan tugas kuliah guru yang mengesankan. Pastikan Anda bisa melalui beberapa hal tersebut agar tidak mengalami masalah dan kuliah Anda bisa berjalan dengan lancar.

Rekomendasi Kampus Terbaik Untuk Jurusan Desain Grafis di Indonesia


Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang universitas yang mengkhususkan diri dalam desain grafis di Indonesia. Di sini kita mulai diskusi:

Institut Teknologi Bandung (ITB)



Siapa yang tidak ingin kuliah di ITB? Salah satu universitas favorit di Indonesia, ini adalah kampus yang ideal untuk lulusan SMA/SMK atau sederajat. Meski pada dasarnya kampus ini fokus pada ilmu teknik, ternyata kampus yang terletak di Jalan Ganesha ini membuka beberapa jurusan di luar jurusan teknik. Salah satunya adalah DKV. Program studi DKV ITB dimulai pada tahun 1967 ketika Jurusan Seni Rupa FTSP ITB membuka Studio Grafis. Kurikulum DKV yang dikembangkan ITB lebih condong pada pemahaman konseptual di tempat kerja tanpa mengorbankan keterampilan teknis yang mengikuti perkembangan teknologi terkini. Bisa dibilang DKV ITB sangat menyadari peran teknologi dalam dunia pendidikan khususnya desain grafis.

Institut Seni Indonesia (ISI)



Kampus ISI terletak di selatan kota Yogyakarta, tepatnya di daerah Sewon, Bantul. Keunikan DKV ISI merupakan faktor sejarah yang penting. Jadi dulu kampus ini bernama ASRI (Akademi Seni Rupa Indonesia), yang merupakan sekolah seni tertua di Indonesia. Apalagi DKV ISI berada di lingkungan yang dikelilingi oleh nilai-nilai budaya yang sangat kental. Selain itu, berbagai event seni dan budaya di Yogyakarta sangat mempengaruhi proses kreatif dan karya mahasiswa DKV ISI.

Institut Kesenian Jakarta (IKJ)



IKJ mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat bagi anda yang ingin kuliah di kekhususan DKV. Di IKJ, Anda bisa mempelajari materi desain grafis, baik teori maupun praktik. Jurusan DKV IKJ sendiri memiliki tiga spesialisasi yaitu: desain grafis, ilustrasi dan multimedia.

Universitas Pelita Harapan (UPH)



Masih dari kota Jakarta, perguruan tinggi swasta lain yang memiliki jurusan Desain Komunikasi Visual di kota ini adalah UPH. Kampus ini menawarkan lingkungan belajar yang berfokus pada inovasi, pemikiran konseptual dan strategis untuk memecahkan masalah desain. Di jurusan DKV UPH, tersedia berbagai fasilitas lengkap seperti studio lukis, lab komputer, percetakan, fotografi, dan lain-lain. Ada tiga konsentrasi studi yang bisa Anda pilih, yaitu: Animasi, Sinematografi, dan Desain Grafis.

Telkom University 


Ternyata Bandung memiliki kampus swasta dengan peminatan DKV yaitu Telkom University atau bisa juga disebut Tel-U. Salah satu kampus IT terbaik di Indonesia yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom adalah universitas berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Departemen DKV Tel-U memiliki dua konsentrasi yaitu techno-entrepreneurship yang berfokus pada penciptaan produk visual berbasis teknologi, dan multimedia marketing yang berfokus pada perencanaan dan riset pasar untuk produk visual.

Kuliah di perguruan tinggi favorit jurusan Desain Komunikasi Visual atau desain grafis sudah menjadi impian banyak lulusan SMA. Selain reputasinya yang terkenal, kampus ini memiliki pengajar yang berkualitas dan fasilitas yang lengkap. Sekarang tinggal Anda mempersiapkan diri dan lebih semangat belajar agar bisa meraih impian Anda.

Itulah artikel kami tentang universitas yang mengkhususkan diri dalam kampus desain grafis di Indonesia. Semoga artikel kami kali ini dapat menjadi referensi anda dalam memilih universitas yang memiliki peminatan DKV. Saya harap Anda mendapatkannya.

Lebih baru Lebih lama