Prosedur Memindai atau Scanning Gambar Dalam Desain


Apa itu pemindaian? Apa langkah-langkah untuk memindai gambar? Apakah hanya gambar yang dapat dipindai? Bagaimana dengan tulisan dan ilustrasi? Apakah semua ini diperlukan dalam desain yang ada? Kali ini saya akan menjawab semua pertanyaan yang ada di benak para pembaca. Anda mungkin juga ingin tahu tentang pemindaian.

Apa itu Scanning atau Pemindaian?


Pemindaian adalah suatu bentuk pemrosesan untuk dapat memperoleh data mentah tidak lain dengan sangat cepat dan benar. Arti lainnya dari scanning adalah bentuk membaca cepat dan teliti yang berguna untuk mencari dan memperoleh informasi unik dari suatu objek yang ada. Metode ini adalah cara praktis umum untuk menyelesaikan sesuatu yang penting dalam teks. Scanning hampir mirip dengan Skimming, yaitu suatu bentuk membaca yang memiliki kecepatan tinggi untuk sampai pada gagasan penting atau pokok bacaan.

Scan memiliki tujuan penting yaitu untuk mencari atau mendapatkan diskusi yang menarik, untuk memilih kegiatan tertentu, untuk mendapatkan kata atau kalimat dalam buku yang ada, untuk menemukan nomor ponsel atau telepon seseorang dalam buku yang berisi nomor telepon, seperti pencarian data pada halaman dan banyak lagi. Selain itu, pemindai juga digunakan untuk gambar dan teks. Sekarang kita berbicara secara mendalam tentang pemindaian, yang akan lebih terkait dengan pemindaian gambar.

Bagian gambar dari desain dapat diperoleh dengan memindai gambar yang ada atau memindai dari kamera yang ada. Untuk menghasilkan hasil kualitas yang baik, resolusi gambar sudah sangat memadai. Ada beberapa langkah agar hasil scan yang kita peroleh sesuai dengan yang kita inginkan, yaitu:
  1. Scan gambar dengan kualitas yang cukup dan tidak kurang, minimal 300 dpi
  2. Pastikan gambar yang dipindai menempel sempurna pada kaca pemindai.
  3. Pada saat melakukan scanning disarankan agar menu Unsharp Mask diaktifkan, walaupun hasil yang kita hasilkan nantinya akan dibantu dengan menggunakan apa yang ada pada menu Sharpness pada aplikasi edit gambar atau yang lebih dikenal dengan photoshop. aplikasi.
  4. Setelah anda mendapatkan hasil scan silahkan edit ulang di aplikasi adobe photoshop terutama apa yang perlu dilakukan dalam penempatan dan pemotongan atau cropping terlebih dahulu, baru kemudian tingkat kualitas yang akan anda gunakan dengan mengatur tingkat sesuai dengan yang akan digunakan. , sehingga Anda mendapatkan hasil yang sama dengan warna yang Anda inginkan.
  5. Pastikan untuk membersihkan permukaan pada scan, sehingga Anda mendapatkan permukaan yang bersih dari kotoran yang tidak diinginkan. Pemindaian yang memiliki fungsi pencitraan tinggi akan sangat mempengaruhi kualitas gambar yang kita dapatkan.

Untuk membuat ilustrasi pada tata letak gambar Anda dapat menggunakan berbagai cara, baik secara manual maupun komputerisasi:

Manual atau dalam bahasa lain adalah gambar tangan. Dengan menggunakan peralatan seperti pensil, cat, kuas, spidol, pulpen, dan peralatan lainnya. Sangat cocok untuk membuat desain, sketsa, ide, komik dan lainnya. Untuk mengkonversi ke format digital, alat seperti pemindai atau foto digital digunakan.

Komputerisasi atau dengan kata lain dengan menggunakan komputer dapat membuat gambar vektor menggunakan aplikasi coreldraw dan bitmap menggunakan aplikasi photoshop. Layout vektor yang memiliki koordinat cocok untuk membuat logo dan gambar garis. Penggaris bitmap dibagi menjadi piksel yang sangat cocok untuk digunakan dalam foto.
Lebih baru Lebih lama